Monday, April 25, 2011

Transmisi Listrik Tanpa Kabel, Mungkinkah ??

Pada bulan October 18 – 20, 2006, Belgrade, SASA, Serbia diadakan Simposium INTERNATIONAL SYMPOSIUM NIKOLA TESLA ke-6, ada makalah yang berjudul "Wireless Electrical Transmission : Developtment anda Possibility yang dibawakan oleh : Dr. Tanuj Kumar Mandal dari India, dan banyak lagi peserta simposium yang mengangkat judul yang serupa.
Listrik yang kita kenal mulai dari dulu hingga sekarang menggunakan kabel, diupayakan ke depan tidak menggunakan kabel atau Wireless. Persoalannya secara teknis hal itu dapat diwujudkan namun dari segi dampak sosial mungkin menjadi kajian yang mendalam bagaimana kemasannya dan aplikasinya sehingga tidak menimbulkan resiko-resiko yang merugikan orang. Secara teknis pula kalau ada teknologi elektronika daya, sebenarnya hal tersebut tidak menjadi persoalan.
Transmisi listrik tanpa kabel bukanlah hanya sebuah teori namun sebuah kenyataan. Energi listrik dapat ditekan secara ekonomis dengan mentransmisikannya tanpa kabel. Beberapa peneliti dengan berbagai penelitian telah bereksperimen dan mengukur secara kualitatif dan kuantitatif. Dr. N.Tesla merupakan pioner dari penemuan ini.
Transmisi tanpa kabel dapat dibangkitkan dengan daya besar dan Losses rendah (90-97 % lebih efisien) karena tidak menggunakan banyak tower dan Gardu Induk. Sistem ini akan mengurangi biaya energi yang digunakan konsumen.

PRINSIP KERJA

Secara prinsip bahwa wireless menggunakan transmiter (pemancar) dan receiver (penerima), begitu juga dengan electrical transmission menggunakan keduanya asalkan induktansi memiliki frekuensi yang sama hal ini dapat terjadi. Dari gambar di bawah ini adalah prinsip transmisi listrik tanpa kabel :

Gambar Prinsip Transmisi Listrik Tanpa Kabel

No comments:

Post a Comment