Secara sederhana penggunaan simulasi pengukuran dengan Multisim 8.0 dapat dilihat pada penjelasan berikut :
1. Menghitung Arus pada rangkaian
Pertama kita membuat rangkaian dengan meletakkan alat ukur multimeter sebagai berikut :
Pada gambar terlihat rangkaian pararel dengan nilai R yang tertera dan 4 multimeter dengan tujuan untuk mengukur arus pada tiap loop rangkaian. Dari hasil simulasi ditunjukkan pada alat ukur XMM 8, XMM5, XMM6, XMM7 ditampilkan nilai sebagai berikut :
Coba bandingkan hasilnya dengan perhitungan manual : 1/Rtotal = 4/10 --> R total = 2.5 ohm
sehingga Arus total = 50/2.5 = 20 Ampere.
2. Mengukur Tegangan pada rangkaian
Seperti langkah di atas, buatlah rangkaian seperti berikut :
Rangkaian di atas dengan R yang tertera pada nilai R dan 4 multimeter yang dipasang seperti gambar setelah di run , simulasi menghasilkan :
dari hasil simulasi menunjukkan keempat multimeter menunjukkan nilai yang sama 50 volt, kesimpulannya pada rangkaian pararel nilai tegangan sama dan nilai arus berbeda-beda.
3. Mengukur nilai tegangan pada trafo hubungan terbuka
Buatlah rangkaian sebagai berikut :
Rangkaian di atas adalah sebuah sumber tegangan 100 V/50 Hz dihubungkan ke sebuah trafo tanpa beban dan dipasang sebuah multimeter digital. hasilnya adalah sebagai berikut :
Nilai yang ditampilkan tegangan sebesar 99,9662 Volt. ada kerugian sebesar 0,04 volt yang dapat diakibatkan rugi trafo pada kondisi nyata, dan faktor kepekaan pengukuran yang memiliki toleransi kerugian.
4. Mengukur tegangan pada trafo berbeban
buatlah rangkaian sebagai berikut :
Rangkaian diberikan beban L1 dan R1 yang dipararel dan dihubungkan dengan Osiloskop dan Multimeter digital.
Hasil simulasi menghasilkan :
Hasil pengukuran V osiloskop hasil dari multimeter digital = 219,939 Volt AC
Dari hasil tersebut ada kerugian tegangan sebesar kurang lebih 0.061 volt karena faktor kepekaan alat ukur dan rugi pada trafo (nyata).
Demikian sekilas beberapa contoh simulasi pengukuran dengan Multisim 8.0 dan tentunya masih banyak lagi hal-hal yang bisa dibuat sebagai bahan latihan..
No comments:
Post a Comment